Breaking News

Recent Posts: Label / Tag Ex:

Inilah Alasan Kenapa Lumpia Semarang berbau Pesing Tapi Enak



Sebagian besar lunpia khas Semarang menggunakan rebung sebagai isinya. Apabila salah dalam mengolah, rebung akan mengeluarkan cita rasa pahit serta aroma tidak sedap seperti bau pesing. Dari sini lah mengapa beberapa lunpia khas Semarang berbau pesing. Namun tidak semua lunpia di Semarang berbau pesing.

Bila kamipribadi saya sudah pernah mencicipi lumpia dari :


  • Lunpia Gang Lombok
  • Lunpia Mbak Lien
  • Lunpia Mataram



Lunpia Gang Lombok dan Mbak Lien sudah dikenal sebagai tempat rekomendasi bila ingin mencicipi lunpia Semarang dan saya sendiri sudah membuktikan sendiri rasanya.

Lalu di sepanjang Jalan Mataram (Jl. MT Haryono) terdapat banyak sekali penjual lunpia Semarang yang bisa anda jumpai. Namun salah satu yg terkenal adalah Lunpia Kp. Baris 501 dan juga sering menjadi tempat rekomendasi.

Lumpia merupakan salah satu makanan khas kota Semarang. Tentu, anda sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini. Makanan ini biasanya menjadi cemilan saat bersantai dirumah. Jika digoreng warnanya kecoklatan, bentuknya memanjang serta di dalamnya terdapat irisan wortel dan sayuran lainnya. Makanan yang menjadi kegemaran masyarakat Semarang ini terbagi menjadi dua jenis, ada yang basah dan juga kering. Namun, baik lumpia basah atau pun kering sama-sama mempunyai manfaat bagi kesehatan. Dalam makanan ini mengandung energi, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, dan zat besi.

Selain itu kandungan vitamin A, B1 dan C juga terdapat dalam makanan ini. Kandungan-kandungan tersebut sangatlah dibutuhkan untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. Makanan ini juga sangat populer sehingga banyak diminati oleh wisatawan saat berkunjung ke daerah Jawa Tengah. Jika anda ingin menikmati makanan ini maka anda tidak perlu jauh-jauh berkunjung ke Semarang karena saat ini anda bisa menjumpai makanan ini dipasar atau pedagang kaki lima. Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat dan khasiat lumpia ini.

Lumpia adalah makanan camilan ringan goreng yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Lumpia mengandung energi sebesar 133 kilokalori, protein 3,43 gram, karbohidrat 28,14 gram, lemak 0,47 gram, kalsium 8 miligram, fosfor 44 miligram, dan zat besi 0,49 miligram. Selain itu di dalam Lumpia juga terkandung vitamin A sebanyak 1 IU, vitamin B1 0,04 miligram dan vitamin C 1 miligram. Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Lumpia, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %. , lumpia juga tergolong makanan yang mengandung khasiat serta manfaat yang tinggi untuk kesehatan tubuh , dan tidak cuma itu saja akan tetapi lumpia juga mampu meningkatkan serta memperkasa stamina energi pada jaringan organ vitalitas karna di dalam kandungan pembuatan lumpia banyak manfaat yang fungsi serta manfaatnya sama dengan Obat Forex yaitu mampu menjaga serta memperkasa stamina energi pada jaringan organ vitalitas agar selalu sehat kuat perkasa dengan sempurna .

Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Lumpia :

Nama Bahan Makanan : Lumpia
Nama Lain / Alternatif : -

  • Banyaknya Lumpia yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
  • Bagian Lumpia yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
  • Jumlah Kandungan Energi Lumpia = 133 kkal
  • Jumlah Kandungan Protein Lumpia = 3,43 gr
  • Jumlah Kandungan Lemak Lumpia = 0,47 gr
  • Jumlah Kandungan Karbohidrat Lumpia = 28,14 gr
  • Jumlah Kandungan Kalsium Lumpia = 8 mg
  • Jumlah Kandungan Fosfor Lumpia = 44 mg
  • Jumlah Kandungan Zat Besi Lumpia = 0,49 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin A Lumpia = 1 IU
  • Jumlah Kandungan Vitamin B1 Lumpia = 0,04 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin C Lumpia = 1 mg
  • Khasiat / Manfaat Lumpia : - (Belum Tersedia)
  • Huruf Awal Nama Bahan Makanan : L

Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Keterangan :
Riset/penelitian pada Lumpia yang berbeda bisa menghasilkan perbedaan hasil yang didapat karena berbagai faktor yang mempengaruhi.  Mohon maaf apabila ada kesalahan atau kekurangan pada informasi daftar komposisi bahan makanan Lumpia ini.Semoga informasi kandungan gizi/nutrisi Lumpia ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Kandungan gizi/nutrisi pada makanan lumpia – Lumpia atau terkadang dieja sebagai lun pia (Hanzi: ?? / ??, POJ: lun-pián, hanyu pinyin: rùn bing, Bahasa Inggris: long pia) adalah sejenis jajanan tradisional Tionghoa. Kata lumpia berasal dari Bahasa Hokkian dari pelafalan runbing dalam dialek Utara. Dan dalam Bahasa Khek atau Bahasa Hakka , Lumpia disebut Pokppya ( pokpia ).[butuh rujukan]

Lumpia terdiri dari lembaran tipis tepung gandum yang dijadikan sebagai pembungkus isian yang umumnya adalah rebung, telur, sayuran segar, daging, atau makanan laut. Di Indonesia, lumpia dikenal sebagai jajanan khas Semarang dengan tata cara pembuatan dan bahan-bahan yang telah disesuaikan dengan tradisi setempat.

Lumpia adalah makanan camilan ringan goreng yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Lumpia mengandung energi sebesar 133 kilokalori, protein 3,43 gram, karbohidrat 28,14 gram, lemak 0,47 gram, kalsium 8 miligram, fosfor 44 miligram, dan zat besi 0,49 miligram. Selain itu di dalam Lumpia juga terkandung vitamin A sebanyak 1 IU, vitamin B1 0,04 miligram dan vitamin C 1 miligram. Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Lumpia, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

Khasiat lumpia yang pertama dapat menjaga kesehatan sel-sel dalam tubuh. Kandungan protein yang ada di dalamnya dapat bermanfaat untuk menjaga dan melindungi sel-sel yang terdapat di dalam tubuh sehingga semua sel bisa berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, konsumsilah makanan ini.

Lumpia Mengurangi resiko stroke- Stroke merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan rusaknya sebagian dari otak. Untuk mengurangi resiko stroke anda bisa mengkonsumsi lumpia ini. Kandungan protein dan vitamin C yang ada dalamnya dapat mencegah resiko stroke.

Lumpia Melancarkan sistem pencernaan- Sistem pencernaan yang tidak lancar akan menyebabkan terjadinya penyakit sembelit. Oleh karena itu, anda bisa mengkonsumsi lumpia. Kandungan karbohidrat yang terdapat pada makanan ini sangat efektif melancarkan sistem pencernaan sehingga bisa mencegah resiko sembelit.

Lumpia Menguatkan tulang-Semakin bertambahnya usia seseorang maka kekuatan tulang juga akan semakin menurun. Untuk menjaga agar tulang tetap kuat maka anda bisa mengkonsumsi lumpia ini. Kandungan kalsium yang ada di dalamnya berguna untuk menguatkan tulang sehingga tulang tidak mudah patah.

Lumpia Menghasilkan energi- Selain bermanfaat untuk menguatkan tulang, lupia juga dapat menghasilkan energi bagi tubuh. Kandungan vitamin B1 yang ada dalam makanan ini mampu menghasilkan energi yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga tubuh tidak mudah lelah karena kekurangan energi.

Manfaat dan Khasiat Lumpia Lainnya:


  •     Melindungi saraf
  •     Melancarkan sistem pencernaan
  •     Mencegah terjadinya peradangan
  •     Mencegah diabetes


Lumpia Mengurangi resiko kanker- Kanker menjadi salah satu penyebab kematian terbesar sampai saat ini. Untuk mengurangi resiko kanker anda bisa mengkonsumsi lumpia. Kandungan vitamin C yang ada di dalamnya terbukti mampu melawan sel kanker dalam tubuh sehingga anda bisa terbebas dari resiko kanker.

Demikian semoga jawaban saya dapat membantu. Selamat berkuliner di Semarang.

No comments